Minggu, 24 Mei 2009

PROFIL BUKU Cerita Bergambar Karya Alan Malingi

1. Murka Sang Kiyai Karya Drs.A.Zubair H.AR yang menceritakan tentang detik-detik menjelang letusan Dahsyat Gunung Tambora pada Tahun 1815.

2. Petualangan Darere Karya Alan Malingi yang mengisahkan tentang kegigihan seorang anak yang bernama Darere dalam perjuangannya membahagiakan orang tua.

3. Kidung Terakhir Seorang Ibu Alan Malingi menceritakan tentang kasih sayang dan suka duka seorang ibu dalam membesarkan dua orang puteranya, namun kasih sayang itu tidak berbalas.

4. Parise Buncu Karya Alan Malingi menceritakan tentang perjuangan seorang Ncuhi untuk menyelematkan rakyatnya dari serangan Raksasa. Kisah ini diyakini menjadi cikal bakal lahirnya permainan Rakyat Parise Buncu di kecamatan Sape Bima.

5. La Leme Loki Dan La Kabe Tuta Karya Alan Malingi. Menceritakan tentang kehidupan dua orang pemuda yang memiliki perangai yang sangat lucu.

6. Temba Kolo Karya Alan Malingi. Menceritakan tentang percintaan Sangaja Mbojo dengan Puteri Kayangan. Untuk mendapatkan kembali kekasihnya Sangaji harus berjuang dengan berbagai hambatan dan rintangan, hingga iapun berhasil mendapatkan kembali kekaksihnya.

7. Legenda Tanah Bima Karya Alan Malingi menceritakan tentang asal mula lahirnya kerajaan Bima.

8. Kisah Sepotong Bambu Karya Alan Malingi menceritakan tentang kedatangan Raja Bima Pertama Indra Zamrut dan adiknya Indra Komala dengan sepotong bambu yang terdampar di pantai Malola sebelah selatan Dompu.

9. Oimbora Karya Alan Malingi menceritakan tentang kehidupan Raja Indra Zamrut dan adiknya Indra Komala yang karena kesalahpahaman terjadi perseteruan di antara keduanya. Indra Komala akhirnya menghilang di sebuah mata air yang hingga kini tempat menghilangnya Indra Komala telah menjadi sebuah kampung yang bernama Oimbo atau Oi Mbora.

0 komentar:

Posting Komentar